Sunday, April 20, 2014

Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Masyarakat

Saat ini Teknologi informasi sudah melekat dalam Kehidupan Masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kegiatan yang kita lakukan itu menggunakan teknologi, karena dengan teknologilah kita bisa melakukan sebuah pekerjaan dengan cepat dan mudah. Apa saja sih Teknolgi Informasi dalam dunia masyarakat itu, mari kita bahas:
Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Masyarakat
- Teknologi Informasi Di Rumah.
keberadaan komputer pribadi di rumah (Home PC) memberikan manfaat yang cukup banyak misalnya untuk membantu sesorang melakukan hobinya (misalnya games), membantu melakukan pekerjaan kantor dirumah (bahkan dengan bantuan komputer, rumah bisa menjadi kantor untuk bekerja), membantu kita melakukan proyek-proyek kecil bersama keluarga, membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, menghubungi saudara dan teman melalui e-mail, dan sebagainya.
Penetrasi PC (Personal Computer) di rumah-rumah di Indonesia termasuk masih rendah jika dibandingkan dengan masyarakat di negara lain. Padahal ada banyak hal bisa dilakukan dengan adanya komputer pribadi di rumah.
- Teknologi Infomasi di Dunia Kerja Dan Pendidikan.
dunia kerja adalah yang mungkin mendapatkan manfaat paling besar dari TI. Apalagi saat ini sudah berkembang yang namanya mobile technology, seperti PDA(PersonalDigitalAssistant), laptop, handphone, dan sebagainya yang memungkinkan informasi dapat diakses oleh orang yang sedang dalam perjalanan.
Kantor-kantor besar, termasuk di Indonesia, mulai dari kantor pemerintahan sampai industri dan swasta saat ini pada umumnya telah memanfaatkan komputer-komputer untuk membantu pekerjaan mereka. Bahkan sebagian telah sangat bergantung dengan keberadaan komputer di kantor mereka.
Aplikasi TI untuk tiap jenis dunia kerja tentu berbeda-beda. Misalnya untuk kantor pemerintah atau kantor perusahan swasta membutuhkan office application untuk menjalankan fungsi kantor mereka. Tetapi pabrik dalam industri membutuhkan perangkat yang berbeda tentunya karena tidak hanya aplikasi kantor yang dibutuhkan, tetapi juga yang berhubungan dengan pabrik.
Dunia pendidikan tidak terlepas dari TI. Bahkan awal mula perkembangan komputer dan Internet dewasa ini adalah fakta dari riset-riset yang dikerjakan oleh kalangan akademisi.Saat ini pendidikan juga membutuhkan TI yang sama besarnya seperti kalangan dunia kerja. Dunia pedidikan berkaitan erat dengan informasi dengan pengetahuan. Karena itu akses yang mudah kepada informasi dan pengetahuan menjadi sangat penting.
Saat ini juga telah banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi yang berkenaan dengan pendidikan. Dengan demikian, banyak bantuan diberikan TI untuk memajukan pendidikan.
Teknologi pada Pelayanan Masyarakat.
Pelayanan masyarakat umum (public service) terutama di Indonesia biasanya sering menjadi kendala karena sifatnya yang lambat, birokratis, dan berbelit-belit. Dengan adanya TI pelayanan masyarakat dapat dibantu agar lebih singkat dan mudah. Misalnya pelayanan antrian di kasir di supermarket dapat dipercaya dengan bantuan komputer untuk melakukan perhitungan harga barang yang dibeli konsumen. Pelayanan pembayaran pajak, telepon, listrik, atau air dikantor-kantor yang bersangkutan dapat dipercepat dengan bantuan komputer. Pelayanan pembuatan KTP dan SIM dapat dipersingkat dengan bantuan aplikasi komputer.
Banyak sekali kan Teknologi Informasi dalam kehidupan Masyarakat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment