Sunday, April 20, 2014

Jenis Kategori Sistem Komputer

Terdapat beberapa perbedaan jenis-jenis dari sistem operasi Komputer, yang didesain/ dirancng khsus untuk kebutuhan yang khusus. Misalnya: sebuah komputer dirancang untuk kebutuhan akhir bisnis, yang lain untuk engineer dan programmer dan khusus untuk teknologi tinggi yang lainnya. Sebagai contoh Macintosh dirancang baik untuk seorang pengguna yang kurang berpengalaman (dan tentunya untuk pengguna lain juga). Sedangkan Windows dirancang untuk pengguna yang membutuhkan kemudahan. Untuk pengguna yang lebih berpengalaman biasanya akan lebih memilih sistem dengan Linux. PC cukup untuk single-user/ pengguna tunggal, namun yang mungkin lebih diutamakan untuk pengguna multi user adalah sistem jenis mainframe, atau bisa juga untuk menggunakan network base/ sistem yang berbasis jaringan.
Special-purpose Applications (Aplikasi tujuan khusus) memerlukan perancangan yang khusus, mungkin juga termasuk aplikasi- aplikasi kendali embedded misalnya aplikasi oven microwave dan otomotif , grafik CAM/ CAD, multimedia (komputer PIXAR merupakan sistem khusus yang didesain untuk gambar animasi bergerak dengan efek-efek khusus), dan aplikasi real time (kendali waktu nyata).

Tiap sistem memiliki syarat perbandingan merancang sistem operasi dan kebutuhan yang tidak sama.Sistem komputer dikategorikan dalam 6 jenis yaitu
1. Sistem Single-user Dan Workstation
Sekarang ini sistem yang sederhana yaitu sistem single user dan multi tasking. Sistem single user dan multitasking memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa proses dalam waktu yang sama. Misalnya pada waktu yang sama mengetik sambil mendenganrkan musik.
Secara umum workstation menyediakan sistem operasi multitasking single user, sebab workstation mempunyai kemampuan yang bisa dikonfigurasi untuk operasi multi user.
2. Multitasking system (Sistem Multitasking)
Pada sistem multiuser tersedia fasilitas penambahan untuk mengijinkan berbagai pengguna untuk berbagi sumberdaya. Jika menggunakan sistem mainframe yang besar maka dapat mendukung seratus pengguna secara bersama-sama. Sistem multiuser memerlukan penambahan sistem operasi pendukung sebagai terminal berbagai I/O, prosedur password, keamanan, dan file-file login pengguna.
3. Network server system (Sistem Server Jaringan)
Sistem server jaringan hampir sama dengan sistem multi user.Beban utama dari eksekusi program dapat digeser/ diubah dari sistem multiuser ke client individu disambungkan ke server dengan jaringan.
4. Real-time system (Sistem Waktu Nyata)
Sisem real time yaitu sistem yang satu atau banyak proses yang dapat mengakses CPU secara cepat pada saat dibutuhkan.
5. Embedded control system (Sistem Kendali Embedded)
Embedded control system merupakan sistem khusus yang didesain untuk mengatur sebagian peralatan seperti automobile atau oven microwave. Biasanya perangkat lunak untuk sistem kendali embedded disediakan di dalam ROM.
Jenis Kategori Sistem Komputer

6. Distributed system (Sistem Terdistribusi)
Kekuatan pengolahan pada sistem terdistribusi didistribusikan antara komputer dalam jaraingan. Beberapa sistem komputer modern telah menambahkan module-module sistem operasi untuk membuat pengolahan terdistribusi yang bisa dikerjakan secara praktis dan mudah.
Demikian pembahasan tentang Jenis Kategori Sistem Komputer, mudah-mudahan apa yang saya bahas diatas bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment