Sunday, April 20, 2014

Sistem Komputer

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari Central Processing Unit (CPU), memori dan peralatan input/ output. CPU adalah tempat berlangsungnya semua proses. Memori merupakan tempat menyimpan program dan data sewaktu keduanya sedang diproses. Peralatan input/ output bisa berupa keyboard dan monitor serta penyimpan seperti disket atau tape.
Semua komputer baik yang berukuran kecil maupun besar pada dasarnya beroperasi dengan cara yang sama, sehingga dimungkinkan transfer data antara komputer yang berbeda sistemnya. Konsep ini disebut dengan distributed computing. Sedang kemampuan dari komputer yang berbeda untuk berbagi file dan berkomunikasi disebut dengan open computing.
Dalam komputer terdapat standar dan protokol. Protokol adalah aturan-aturan dasar dalam komunikasi antar komputer, antara komputer dan peralatan I/O serta antar program. Ada beberapa macam protokol antara lain: HyperText Transmission Protocol (HTTP), Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) dan ATAPI. HTTP digunakan dalam komunikasi antara Web browser dan Web server pada Internet.
TCP/IP digunakan untuk mengontrol perpindahan data di Internet. Sedang ATAPI digunakan untuk komunikasi antara CD- ROM dan komputer.
Standar terdapat pada :
- Bahasa Pemrograman : JAVA dan SQL.
- Format Data ( Image: GIF, JPEG, MPEG dan Text: Unicode).
- Printer : Bahasa Postscript.
- Sound : MP3.
Aktifitas komputer dicirikan oleh model input-proses-output (IPO). Disini program menerima input dari disket, mouse, keyboard atau peralatan input lainnya, kemudian melakukan pemrosesan terhadap input tersebut dan akhirnya menghasilkan output ke disket, printer, layar video, atau peralatan output lainnya.
Sistem Komputer

Sistem teknologi komputer terdiri dari sejumlah sub komponen sistem yang berbeda, dan bekerja bersama-sama untuk membentuk suatu proses kalkulasi dan pengerjaan suatu tugas tertentu. Sistem Komputer mempunyai banyak variasi dan jenis, meliputi ukuran, biaya dan kekuatan, tergantung pada pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan.
Semua komputer baik yang berukuran kecil maupun besar pada dasarnya beroperasi dengan cara yang sama, sehingga dimungkinkan transfer data antara komputer yang berbeda sistemnya. Konsep ini disebut dengan distributed computing. Sedang kemampuan dari komputer yang berbeda untuk berbagi file dan berkomunikasi disebut dengan open computing.
Komponen hardware dan software bersama-sama membentuk arsitektur sistem komputer. Terdapat perbedaan antara arsitektur komputer dan organisasi komputer. Arsitektur komputer mengacu pada sistem dan bagian-bagiannya yang tampak oleh user, terutama programmer. Sedang organisasi komputer menggambarkan bagaimana bagian-bagian komputer diatur dan dihubungkan untuk merealisasikan arsitektur komputer
Komputer ini memiliki monitor, keyboard dan CPU. Namun didalam CPU ini sebenarnya tidak hanya terdapat prosesor saja, tetapi juga ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (peripheral). Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan, baik itu di rumah, kantor, lembaga kursus, sekolah dan lain-lain. Dan sudah dijelaskan ada beberapa perbedaan jenis-jenis dari sistem operasi, masing-masing dirancang untuk kebutuhan yang khusus, yaitu :
1. Sistem Single-user dan Workstation.
2. Sistem Multitasking.
3. Sistem Server Jaringan.
4. Sistem Waktu Nyata.
5. Sistem Kendali Embedded.
6. Sistem Terdistribusi.
Masing-masing sistem ini mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan syarat perbandingan merancang sistem operasi.
Semoga penjelasan yang saya berikan tentang Sistem Komputer diatas dapat anda pahami dan bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment