Sunday, April 20, 2014

Perangkat Keluaran Komputer

Komputer memberikan informasi pada Anda dalam berbagai bentuk. Perangkat keluaran komputer adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data/ perintah yang telah dilakukan oleh komputer.

1 Monitor Atau VDU.

Monitor atau yang disebut Visual Display Units atau disingkat (VDU) berfungsi sebagai antarmuka secara visual deengan komputer yang tampilannya mirip tv.
Monitor merupakan sebuah alat yang membuat sebuah komputer bisa menampilkan informasi berupa teks/ grafik kepada user/ pengguna. Ukuran sebuah Monitor bervariasi ada yang 14", 15", 17" dan lain-lain. Jika sebuah monitor berukuran besar (inci) maka harganya juga akan mahal, tetapi gambar yang bisa ditampilkan di monitor semakin luas pula.

Monitor mempunyai beberapa bentuk variasi, refresh rate yang yang menunjukkan berapa kali per detiksatu gambar bisa ditampilakan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik), resolusi screen yang tidak sama yang merujuk ke jumlah titik yang dapat ditampung pada koordinat X dan Y ( 800 x 600 atau 640 x 480).
Untuk monitor yang resolusi screennya tinggi contohnya 1024x768 memerlukan monitor dengan ukuran yang lebar 21". Apabila gambarnya ditampilkan pada monitor yang ukurannya lebih kecil misalnya 14 " maka gambarnya akan tampak kecil sekali. Supaya tampilan gambar tidak berkedip-kedip pada screen membutuhkan refresh rate yang tinggi seperti 72 Hz. Umumnya monitor dibagi menjadi:

1.1 Monitor CRT (Cathode Rays Tube)
Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda. Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan power supply. Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah: Membutuhkan daya yang besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentuk fisik yang besar (walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namun tetap tidak praktis karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang besar (walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung tertentu yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan oleh tembakan CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga yang cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar dalam unit komputer.
Perangkat Keluaran Komputer
1.2 Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Antara kinerja sistem monitor CRT dengan Monitor LCD memang jauh berbeda. Pada monitor LCD memakai cairan cristal khusus yang terpencar jika dilewati sinyal listrik sehingga dapat menghasilkan warna dan bentuk. LCD mempunyai harga yang mahal jika dibandingkan dengna CRT. Kelemahan LCD yaitu komponennya cukup rentan dengan gangguan, tetapi LCD mempunyai kelebihan yaitu daya listrik yang digunakan rendah hanya 12 V, selain itu mempunyai ukuran yang kecil dan bentuk yang ramping, selain itu tidak akan menghasilkan radiasi.
Perangkat Keluaran Komputer

 2. Printer
Dengan perangkat printer maka anda bisa mencetak informasi yang terdapat di dalam komputer ke sebuah kertas. Biasanya hasil cetakan dari printer ini dikenal dengan sebutan hard copy.

Dengan printer maka anda bisa mencetak sebuah informasi yang ada pada komputer ke sebuah kertas. Cetakan hasil printer dikenal dengan sebutan hard copy.
Printer mempunyai beberapa variasi yang tidak sama, baik itu dari segi kwalitas cetakan maupun dari segi kecepatannya. Terdapat 2 jenis printer: printer impact dan printer non-impact.

2.1 Printer Impact

Pada printer Impact memakai print head yang isinya jarum metal yang mengenai pita inked yang penempatannya antara print head dengan kertas.
Perangkat Keluaran Komputer

Pada beberapa print head cuma memiliki 9 pin untuk membuat titik yang membangun sebuah karakter, tetapi ada juga yang memiliki 24 pin sehingg hasil resolusinya lebih baik. Printer yang memakai 9 pin contohnya yaitu printer Epson LX-300 dan printer Epson LX-800. Sedangkan print yang memakai 24 pin yaitu Print Letter Quality ( LQ) 1170 dan Letter Quality ( LQ) 2180.

2.1.1 Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrik umumnya berkecepatan 30 karakter-550 karakter per detik. Standard cetakan printer dot matrik kurang begitu bagus. Printer ini disebut Dot Matrik itu karena hasil cetakannya terbentuk dari hentakan jarum pada pita sehingga membentuk titik-titik beraturan. Karena itulah printer dot matrix mempunyai suara yang kasar dibandingkan dari printer yang lain. Masalah hasil cetakan yaitu halus atau tidaknya itu ditentukan jumlah jarum yang dipakai.
Perangkat Keluaran Komputer

Perangkat Keluaran Komputer
2.2 Printer Non-Impact
Beberapa perbedaan teknologi yang telah digunakan untuk menyediakan jenis-jenis printer.
Ada macam-macam printer non-impact, diantaranya yaitu:
1. Printer Ink Jet.
2. Printer Thermal.
3. Printer Laser Jet.


1. Printer Ink Jet
Seperti nama print ini, print Ink Jet mencetak dengan sembur tinta cair pada permukaan kertas, sehingga menghasilkan cetakan yang bagus, selain itu lebih cepat jika dibandingkan dengan dot matrix. Printer jenis ini juga dapat mencetak warna dengan sempurna dan mampu mencetak pada permukaan kain ataupun plastik. Print ink jet saat ini yang terkenal adalah HewlletPackard dan Canon BubleJet.
Perangkat Keluaran Komputer

Perangkat Keluaran Komputer
Perangkat Keluaran Komputer
2. Printer Thermal
Pada printer Thermal karakter dibentuk dengan unsur yang dipanaskan yang dilekatkan pada kertas yang sensitif terhadap panas khusus yang membantu titik hitam pada saat unsur menjangkau temperatur kritis. Printer thermal memakai tenaga baterai seperti kalkulator.
Perangkat Keluaran Komputer

3. Printer Laser Jet
Printer Laser Jet mempunyai kualitas dan kecepatan lebih baik jika dibandingkan dengan printer dot matrix dan printer Ink jet. Sistem kerja printer Laser jet ini hampir sama dengan dengan mesin fotocopy, yaitu dengan elemen pemanas ddan serbuk tinta. Pada umumnya printer Laser Jet hanya dapat mencetak dua warna yaitu hitam dan putih, tetapi pada tipe-tipe tertentu dilengkapi juga dengan tinta warna sehingga dapat menetak warna yang full color.
Perangkat Keluaran Komputer
Perangkat Keluaran Komputer
Perangkat Keluaran Komputer
3.3 Robot
Robot bisa melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari eksekusi yang dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering kita lihat pada film-film barat yang telah menggunakan teknologi tinggi dan robot ini biasanya ditugaskan untuk tugas-tugas khusus sebagai pengganti manusia.
Perangkat Keluaran Komputer
Robot dalam pengertian bisnis berarti mesin otomatis yang dirancang untuk melaksanakan operasi keduniaan yang memerlukan ketelitian, seperti mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang dibuat yang menyerupai bentuk manusia.

3.4 Machine Tool
Peralatan Computer Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk pembuatan berbagai produk. Fungsi yang berulang dan dikendalikan oleh sekumpulan instruksi komputer.
Alat-Alat mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan keuntungan dibanding manusia seperti : ketelitian yang tinggi, dan mereka tidak memerlukan istirahat seperti minum kopi!

3.5 Voice
Voice synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam kaitannya dengan berbagai kesulitan replikasi pidato/ percakapan manusia yang kompleksitas dan pengucapan kata-kata.
Voice Answer Back (VAB) digunakan untuk merespon terhadap permintaan telepon seperti mengucapkan jam.
Perangkat Keluaran Komputer
Aplikasi dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan Mengeja" dan melatih berhitung.

3.6 Plotter
Pada prinsipnya plotter mempunyai fungsi yang serupa dengan printer. Yang membedakan ploter dengan printer yaitu ukurannya. Plotter dapat mencetak dengan ukuran A0. Plotter biasanya dipakai untuk mencetak gambar berukuran besar seperti peta.
Perangkat Keluaran Komputer

3.7 Speaker
Speaker pada komputer mempunyai fungsi yang sama seperti pada perangkat audio sistem. Secara garis besar yang membedakan hanya ukurannya saja. Speaker untuk komputer dibuat lebih efisien agar tidak begitu memakan banyak tempat.
Perangkat Keluaran Komputer

 3.8 Data Projector
Alat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan ke layar yang lebih besar.
Perangkat Keluaran Komputer
Masih banyak lagi output Device (Perangkat Keluaran komputer) yang sering digunakan pada komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (misalnya pengontrol robot, dan lain-lain). Baca juga artikel: Perangkat Masukan Komputer.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment