Sunday, April 20, 2014

Peranan Manusia Dalam IT (Teknologi Informasi)

Apa saja peranan manusia dalam dunia IT (Teknologi Informasi)?. Manusia merupakan salah satu komponen TI, namun manusia mempunyai peranan yang sangat penting dalam TI:
Peranan Manusia Dalam IT (Teknologi Informasi)

1. Perkembangan TI tergantung pada kemampuan manusia yang terlibat secara langsung ataupun tidak langsung (misalnya yang bertindak sebagai pengambil keputusan).
2. Produk TI hanya suatu media. Penggunaan dan bagaimana penggunaanya tergantung sekali pada manusia pemakainya.
3. Dibutuhkan iklim dan regulasi kebijakan yang mendukung mekanisme TI. Ini terutama dibutuhkan di negara berkembang, misalnya Indonesia.
4. Kualitas, kemampuan dan kompetensi yang tinggi dari penggunanya diperlukan baik bagi pengguna yang berlatar belakang pendidikan yang sesuai maupun yang tambahan pengetahuan yang bersifat praktis melalui pelatihan.
5. Dibutuhkan kebijakan dan strategi yang berkaitan denga pengembangan SDM bidang TI untuk mengantisipasi perkembangan TI yang sangat pesat.
6. Dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelolah implementasi TI
7. kelancaran implementasi TI, selain tergantung pada strata pendidikan dan practical training yang bersifat pengetahuan teknis, juga bergantung pada pengetahuan mengenai privacy, ethics, computer crime, dan sebagainya.
Iulah beberapa Peranan Manusia Dalam IT (Teknologi Informasi), semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment