Sunday, April 20, 2014

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor

Jenis-jenis komputer berdasarkan prosesornya, dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu Personal Computer (PC), minicomputer dan mainframe. Pengelompokkan ini pada waktu yang akan datang mungkin akan semakin kabur bahkan mungkin akan hilang, hal ini dikarenakan komputer mini dan komputer mainframe perkembangannya lamban, sementara itu jenis komputer PC terus berkembang  semakin pesat.

- Komputer Supercomputer
Supercomputer dirancang secara khusus, dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal. Pertama kali dikembangkan di bidang militer dan pemerintahan.
Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Mesin ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Para peneliti menyebutnya sebagai ‘temuan terbesar pada bidang ilmu pengetahuan’. Pada bidang bisnis, komputer jenis ini dapat membaca dan mengartikan suatu pola dalam sejumlah data yang besar.
- Komputer Mainframe
Mainframe yaitu komputer yang kemampuan prosesornya sangat besar, ini karena komputer mainframe dibuat untuk banyak pengguna. Mainframe menyediakan sebagian memorinya dan sedikit waktu untuk setiap pengguna, selanjutnya berpindah lagi kepada pengguna lain, kemudian kembali lagi kepada pengguna yang pertama. Dalam perpindahan ini seolah-olah tidak ada apa-apa karena tidak dirasakan oleh pengguna.
Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Komputer mainframe merupakan komputer multitasking karena disediakan untuk banyak pengguna (multi user) sehingga setiap pengguna bisa menjalankan program yang berbeda pada waktu yang sama. Komputer mainframe memiliki CPU yang tidak sama pada satu mesin sendiri, komunikasi di stu mesin sendiri, memiliki perangkat penyimpanan,  dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari monitor dan keyboard saja. Biasanya komputer mainframe ini digunakan di perusahaan berskala besar, misalnya kantor pusat penerbangan nasional.Namun saat ini komputer mainframe kalah bersaing dengan komputer PC dengan teknologi internet.

- Komputer Minicomputer

Sebenarnya komputer minicomputer merupakan bentuk mini dari komputer mainframe. Jika komputer mainframe bisa mempunyai ribuan terminal, maka pada komputer mini ini terbatas mungkin hanya sampai ratusan bahkan hanya sampai puluhan saja. Komputer mini ini ditujukan bagi perusahaan yang tidak terlalu besar dan jua tidak terlalu kecil.
Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor

Kompute mini biasanya digunakan di pabrik yang produknya hanya memenuhi kebutuhan daerah setempat, dipergunakan di perguruan tinggi yang hanya mempunyai sau atau dua fakultas saja. Saat ini kommputer mini jarang sekali dipergunakan hal ini dikarenakan menggunakan komputer PC lebih fleksibel dengan fasilitas LAN (Local Area Network).

- Komputer Personal Computer (PC)

Komputer PC (Personal Computer) atau yang disebut dengan komputer pribadi merupakan komputer yang ditujukan untuk satu pengguna. Karena itulah komputer PC perangkatnya bisa diringkas ke dalam satu mesin saja.
Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Komputer PC mempunyai CPU, monitor dan keyboard. Namun di dalam CPU ini sebenarnya tidak hanya ada prosesor saja, namun juga terdapat perangkat penyimpanan dan mumungkinkan juga dapat dipasangi periperal/ perangkat tambahan. Jenis Komputer PC inilah yang paling banyak digunakan, baik itu di rumah, sekolah, lembaga khusus, kantor, dan lain-lain. Dengan kelebihan komputer PC yaitu bisa ditambahkan berbagai perangkat tambahan, membuat komputer PC mampu menandingi komputer mini dan mainframe.
Demikian informasi tentang Jenis-jenis komputer berdasarkan prosesor, semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment