Input data dari perangkat masukan yang dimasukkan ke dalam memori komputer, selanjutnya akan diproses CPU (Central Processing Unit). Hasil Keluaran/ Output dikuluarkan oleh perangkat keluaran misalnya ditampilkan di layar
monitor, dapat juga ditampilkan pada hasil cetakan menggunakan printer, atau bisa juga dihasilkannya masukan untuk
sistem yang lain.
1. Mouse
Mouse merupakan pointing perangkat yang banyak dipakai. Mouse mempunyai bulatan yang berputar pada landasannya. Apabila permukaan digerakkan/ digeser, maka bulatan akan berputar kemudian akan mengirimkan sinyal/ perintah ke komputer untuk menggeser posisi kursor.
Dilihat dari bentuk fisiknya, mouse dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
- Mouse PS/2.
- Mouse Serial.
- Mouse USB.
- Mouse Wireless.
1. Mouse
Mouse merupakan pointing perangkat yang banyak dipakai. Mouse mempunyai bulatan yang berputar pada landasannya. Apabila permukaan digerakkan/ digeser, maka bulatan akan berputar kemudian akan mengirimkan sinyal/ perintah ke komputer untuk menggeser posisi kursor.
Dilihat dari bentuk fisiknya, mouse dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
- Mouse PS/2.
- Mouse Serial.
- Mouse USB.
- Mouse Wireless.
2. Space Mouse
Space mouse tidak sama seperti mouse normal hal ini dikarenakan space mouse memiliki poros X, Y dan Z. Space mouse bisa dipergunakan untuk pemindahan dan pengembangan lingkuangan 3D.
Space mouse tidak sama seperti mouse normal hal ini dikarenakan space mouse memiliki poros X, Y dan Z. Space mouse bisa dipergunakan untuk pemindahan dan pengembangan lingkuangan 3D.
3. Keyboard
Keyboard yaitu perangkat masukan pertama yang dikembangkan untuk PC. Bentuk keyboard yang standar tersedia 104 kunci yang diatur menjadi 4 kelompok,berikut ini :
- Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).
- Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).
- Fungsi kunci (F1-F12).
- Keypad numerik.
Keyboard Secara fisik dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
- Keyboard PS/2.
- Keyboard Serial.
- Keyboard USB.
- Keyboard Wireless.
Keyboard yaitu perangkat masukan pertama yang dikembangkan untuk PC. Bentuk keyboard yang standar tersedia 104 kunci yang diatur menjadi 4 kelompok,berikut ini :
- Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).
- Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).
- Fungsi kunci (F1-F12).
- Keypad numerik.
Keyboard Secara fisik dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
- Keyboard PS/2.
- Keyboard Serial.
- Keyboard USB.
- Keyboard Wireless.
4. Bar Code
Bar code yaitu suatu alat input yang didesain dengan tujuan yang spesifik. Bar code adalah alat yang direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk dari garis/ serangkaian bar. Serangkaian bar/ baris pada barcode mempunyai ketebalan dan panjang yang berbeda-beda. Bar code dapat dibaca dengan alat scanner atau light-pen.
Kinerja Bar Code adalah sebagai berikut:
- Bar code mempunyai tingkat kesalahan relatif rendah.
- Bar codes bisa discan dengan mudah dan cepat.
- Garis bar code yang cacat bisa mengakibatkan sebuah kesalahan.
Bar code mrupakan sebuah pola yang mencetak garis dengan perbedaan ketebalan. Sistm bar code mampu memberikan informasi ke dalam komputer secara cepat dan terhindar dari error/ kesalahan
5. Digitising Tablet
Digitising Tablet merupakan suatu perangkat penunjuk yang dapat mempermudah dalam memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang tepat dan akurat.
6. Joystick
Seseorang yang bermain game akan lebih membutuhkan alat ini, karena akan bisa lebih mudah mereka memainkan game yang sulit dilakukan dengan menggunakan mouse dan keyboard.
Seseorang yang bermain game akan lebih membutuhkan alat ini, karena akan bisa lebih mudah mereka memainkan game yang sulit dilakukan dengan menggunakan mouse dan keyboard.
7. Touch Screen
Dengan layar sentuh atau touch screen anda bisa menjalankan perintah software hanya dengan menyentuh tombol pada layar dengan jari tangan. Terdapat 3 bentuk touch screen: capacitive surface, pressure-sensitive dan light beam.
8. Light Pen
Perangkat Light Pen merupakan pointing devic yang hampir sama dengan pena dan dikoneksikan dengan VDU. Keuntungna menggunakan Light pen adalah bisa menggambar secara langsung di layar.
9. Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
MICR yaitu suatu komputer bisa membaca huruf-huruf dan angka-angka cetak dengan tinta yang isinya bahan magnetis. Kegunaan MICR yaitu untuk memproses cek di bank.
10 Optical Mark Reader (OMR)
Optical Mark Reader atau disingkat (OMR) bisa membaca informasi dalam bentuk huruf-huruf atau angka-angka dan diinputkan ke dalam komputer
11. Scanner
Scanner merupakan alat untuk menyaring gambar, foto atau teks untuk dimasukkan ke dalam komputer. Pada umumnya scanner berukuran A4.
Scanner merupakan alat untuk menyaring gambar, foto atau teks untuk dimasukkan ke dalam komputer. Pada umumnya scanner berukuran A4.
12. Hand Scanner
Hand scanner mrupakan tipe scanner yang nyaman untuk digunakan. Penggunaanya hanya dengan menyentuh pada image yang akan discan. Peralatan Hand scanner ini lebih simpel dan mudah dibawa kemana mana tetapi resulusinya tidak setinggi scanner.
13. Magnetic Reader
Magic Reader membaca potongan magnetis pada kartu.Alat ini dipakai untuk menjalankan poin-poin tunai bangk selain itu juga digunakan untuk mengidentifikasi orang yang masuk ke suatu bangunan.
14. Smart Card
Merupakan suatu alat masukan yang ampu menyimpan data pada suatu mikriprosesor yang ditempelkan pada kartu. Teknik ini dipakai untuk toko yaitu mengumpulkan poin-poin pembeli, dan juga untuk menyimpan no telepon selular.
15. Biometric
Autentikasi identitas seseorang dengan dengan pembuktian karakteristik pribadi. Sebagai contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan lekukan sidik jari.
16. Voice Data Entry
17. Sound Capture
18. Video Capture
19. Kamera Digital
20. Video Camera
21 Video Conferencing
22 Automated Teller Machine (ATM)
Itulah macam-macam perangkat masukan komputer sebuah komputer yang bisa saya bagikan kepada anda dalam pembahasan ini. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.
No comments:
Post a Comment