Kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Keberhasilan dan Kegagalan degnan Teknologi Informasi (TI). Keberhasilan sistem informasi tidak seharusnya diukur hanya melalui
efisiensi dalamhal meminimalkan biaya, waktu dan penggunaan sumberdaya
informasi. Keberhasilan juga harus diukur dengan efektifitas teknologi informasi dalam mendukung strategi bisnis organisasi, memungkinkan
proses bisnisnya, meningkatkan struktur organisasi dan budaya, serta
meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis perusahaan. Tabel dibawah ini
mengilustrasikan tantangan dan peluang yang dihadapi para manajer bisnis
dalam mengelola sistem informasi dan teknologinya untuk memenuhi tujuan
bisnis.
Tabel 1.1 Mengilustrasikan tantangan dan peluang yang dihadapi para
manajer bisnis dalam mengelola sistem informasi dan teknologinya untuk
memenuhi tujuan bisnis
Perusahaan
Bisnis Strategi/ Proses/ Struktur/ Budaya
|
Teknologi Informasi
|
Nilai Pelanggan Dan
Nilai Bisnis
|
Tantangan Bisnis TI
- Kebutuhan atas
kecepatan dan
fleksibilitas
pengembangan siklus produk, proses manufaktur, dan
siklus pengiriman.
- Perekayasaan
ulang dan
integrasi lintas
fungsi proses
bisnis dengan
menggunakan
teknologi Internet.
- Integrasi e-
business dan e-
commerce ke
dalam strategi, proses, struktur,
dan budaya organisasi.
|
Perkembangan Bisnis/
TI
- Penggunaan Internet, Intranet, Ekstranet, dan Web sebagai
infrastruktur
TI utama.
- Difusi teknologi
web untuk para
pegawai, pelanggan, dan pemasok yang bekerja
dengan Internet.
- Komputer
berjaringan global, kerja sama, dan
sistem pendukung
keputusan
|
Tujuan Bisnis/
TI
- Memberi para
pelanggan apa
mereka inginkan,
kapan dan
bagaimana mereka
menginginkan, dengan
harga terendah.
- Koordinasi
pemanufakturan dan proses bisnis
dengan para
pemasaran dan pelanggan.
- Kemitraan
saluran pemasaran dengan para pemasok dan penyalur.
|
No comments:
Post a Comment